7 Tips Terbang Drone DJI Enterprise untuk Pemula dari Pilot Profesional

Menerbangkan Drone DJI Enterprise

Menerbangkan drone DJI Enterprise bukan hal yang mudah, tapi kita semua bisa menerbangkanya asal mampu menghindari kesalahan berikut ini.

drone-dji-enterprise-drone-profesional-dji-mavic-2-series
DJI Mavic 2 series

1. Melakukan Penerbangan Latihan dengan Drone untuk Pemula

Sebetulnya, tidak ada yang salah jika anda membeli drone DJI Enterprise yang bisa digunakan oleh profesional.

Namun jika masih termasuk kedalam orang yang baru akan mengoperasikan drone DJI Enterprise anda sebaiknya melakukan training bersertifikat terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya kecelakaan drone atau hal-hal lain ketika anda sudah siap menerbangkanya dilapangan.

Meskipun drone DJI Enterprise punya tombol pendaratan otomatis, namun anda diharuskan untuk mengerti basicnya secara mahir dengan tidak mengacu pada teknologi instan yang sudah ada pada drone DJI Enterprise.

drone-dji-propeller-drone-dji-phantom-4-rtk-scaled.jpg
Propeller drone

Hal ini perlu dipahami, karena kendala dilapangan tidak hanya apa yang ada dibuku saja. Seringkali operator drone menghadapi kejadian yang tidak terduga dan penyelesaiannya tidak ada pada buku penerbangan drone.

Dengan mengikuti training menerbangkan drone secara maksimal dari badan penyelenggara resmi, anda bisa dengan mudah menghandle situasi dilapangan.

2. Memasang Komponen dengan Baik

Kenapa hal ini penting untuk dilakukan? dengan melakukan cek dan recheck sebelum menerbangkan drone akan meminimalisir resiko selama penerbangan.

Cukup banyak sedikit kasus karena sekrup kurang kencang akhirnya mengakibatkan beberapa komponen drone lepas saat sedang diterbangkan. Hal ini berakibat fatal. Bahkan, dampak terburuknya, komponen yang lepas bisa melukai operator drone dan orang disekitarnya.

3. Tidak Memaksakan Penerbangan Saat Cuaca Tidak Stabil

drone-dji-survey-mapping-dji-phantom-4-rtk
Drone DJI P4 series

Jangan memaksakan diri untuk menerbangkan drone ketika kondisi cuaca sedang tidak stabil, termasuk kedalam kondisi yang sedang mendung.

Beberapa tipe drone DJI Enterprise memang sudah punya IP Rating yang sangat baik. Namun tetap saja, memaksakan penerbangan ketika kondisi cuaca yang tidak stabil sendiri bukan pilihan yang bijak. Tidak hanya itu, operator drone juga harus pay attention terhadap kondisi di area sekitar penerbangan drone. Melakukan penerbangan drone harus di area terbuka dan jauh dari orang lain atau warga lokal.

Tidak hanya itu, mengetahui bahwa banyak objek seperti bangunan tinggi dan banyak terbuat dari besi bukanlah hal yang bijak jika tidak mengecek area atau hambatan terbangnya. Pastikan bahwa drone anda yang diterbangkan jauh dari bangunan lain, pohon tinggi, bahkan utilitas lain.

Bagaimana jika kita ingin meneliti atau melakukan inspeksi di sektor utilitas? Tentu drone DJI Enterprise bisa menjadi solusi anda. Drone DJI Enterprise seperti DJI Mavic 2 Enterprise Advanced dan drone DJI M300 RTK punya kekuatan untuk dioperasikan di area dengan radiasi elektromagnetik yang tinggi, namun anda tetap harus berada di bawah pendampingan khusus dari pilot drone berpengalaman untuk melakukan hal ini. Memperhatikan izin terbang juga penting, pastikan anda sudah mengantongi izin terbang sebelum meninjau area dengan drone DJI Enterprise.

drone-dji-enterprise-training-drone-bersertifikat-
Menerbangkan drone DJI bersama tim ahli

4. Menerbangkan Drone Terlalu Tinggi dan Jauh Tanpa Pendampingan

Sebaiknya, operator drone dapat memantau ketinggian saat melakukan penerbangan. Jika menerbangkannya terlalu jauh atau bahkan terlalu tinggi, anda harus bisa mengukur berbagai kendala yang mungkin terjadi. Jika anda sudah melakukan estimasi kendala dan mendapatkan pendamping untuk menerbangkan drone yang berpengalaman, anda bisa menerbangkan drone DJI M300 RTK.

Drone DJI Enterprise tersebut mampu mendeteksi hambatan terbang secara 360 derajat, sehingga meminimalisir drone menabrak benda lain. Hal yang terpenting adalah, anda memastikan bahwa pendamping anda sudah berpengalaman.

5. Memilih Pihak Penyelenggara Training yang Mengayomi Anda

 drone-dji-enterprise-training-bersertifikat-halo-robotics.png
Training bersertifikat oleh Halo Robotics

Memiih teknologi drone DJI Enterprise untuk penerbangan itu perlu pihak yang terpercaya. Halo Robotics sebagai pemimpin dalam industri drone komersial di Indonesia, bekerja sama dengan pihak berwenang termasuk Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DJP) dan Federasi Aerosport Indonesia (FASI).

Dengan FASI Remote Pilot License yang diterima sebagai standar industri di Indonesia, dimana tim pelatihan Halo juga merupakan instruktur FASI berlisensi, dan kami dapat memberikan sertifikasi FASI berlisensi penuh dari semua program pelatihan kami. 

Halo Robotics memberikan drone training secara komprehensif bagi para peserta di berbagai sektor untuk kebutuhan survey, mapping, inspeksi yang dilakukan di critical asset dan confined spaces, serta pencitraan multispectral dan thermal di berbagai sektor bisnis, mulai dari pelatihan dasar, inspeksi visual umum, post processing data, deteksi, pelacakan keamanan, pemrosesan data photogrammetry dan lain sebagainya. 

Setiap peserta pelatihan mendapatkan akses ke kurikulum profesional yang mencakup prosedur pengoperasian drone standar menggunakan teknologi drone DJI terbaru dan aplikasi DJI Pilot, tinjauan tentang terbang yang aman dan bagaimana bereaksi selama situasi darurat, pelatihan pemeliharaan peralatan standar dan sertifikat pelatihan pabrikan resmi yang diberikan setelah berhasil menyelesaikan kursus dan training drone.

6. Setting Drone ke Mode RTH

Drone canggih DJI Enterprise memang dapat terbang dengan baik. Akan tetapi, anda harus memastikan bahwa drone DJI Enterprise tersebut sudah anda setting dengan mode RTH atau Return to Home. Penerbang pemula biasanya bisa melakukan setting manual ketika baterai drone hampir habis, namun mereka lupa membatalkan RTH.

Jika itu terjadi, maka nantinya drone anda akan terbang lagi ke ketinggian yang sudah di setel, kemudian baru kembali ke pemiliknya.

7. Jangan Terbang Mundur

Tanpa disadari, sebagai penerbang drone pemula bisa jadi awalnya mereka mencoba menerbangkan drone secara mundur. Pengguna perlu menanamkan pemikiran bahwa kamera yang terdapat pada drone itu hanya menghadap ke arah depan. Bayangkan jika anda menerbangkannya secara mundur hanya terpaku melakukan penerbangan dengan melihat pada tablet, kemungkinan drone menabrak akan menjadi lebih besar.

Anda harus memastikan bahwa penerbangannya masih dalam zona yang aman. Untuk keamanan dan kenyamanan bersama selama penerbangan, anda juga bisa memasang mode RTH ketika terbang diatas ketinggian atau diantara bangunan yang tinggi.

Pelajari teknologi drone DJI Enterprise dengan berkonsultasi langsung pada tim Halo Robotics.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Drone Software Inspeksi Elios 2 Inspector 3.0 untuk Heavy Industry
Flyability Elios 2 dan Software PIX4Dmapper untuk Pemeliharaan Infrastruktur Bawah Tanah
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories