Drone sebagai Alat Inspeksi SUTET Otomatis DJI M300 RTK dan Zenmuse L1

Drone Sebagai Alat Inspeksi SUTET

Drone DJI M300 RTK dan Zenmuse L1 sebagai alat inspeksi SUTET melakukan pekerjaan inspeksi berat dan berisiko secara otomatis, bagaimana caranya?

drone-alat-inspeksi-sutet-dji-m300-rtk-lidar-zenmuse-l1.jpg
Inspeksi SUTET dengan DJI M300 RTK dan L1

Kebanyakan orang menganggap remeh listrik sampai terjadi pemadaman listrik. Baru kemudian kita menyadari betapa kehidupan modern kita bergantung pada infrastruktur energi yang terpelihara dengan baik.

Tidak hanya itu, kebutuhan kita terkait listrik juga terus meningkat, baik penggunaan listrik di asia atapun luar asia. Data menunjukkan bahwa konsumsi energi dunia telah meroket dari 7.323 terawatt-hours (TWh) pada tahun 1980 menjadi 23.398 TWh pada tahun 2018.

Begitu listrik dihasilkan di satu negara, listrik UHV disalurkan melalui kabel besar dan menempuh jarak yang sangat jauh melalui menara transmisi listrik yang besar, lalu berakhir di gardu listrik di mana tegangan dinaikkan atau diturunkan tergantung ke mana ia menuju berikutnya: gardu lain, taman industri, atau area perumahan. Dengan demikian, gardu listrik adalah komponen penting dari jaringan listrik manapun, dan menjaga agar gardu ini tetap beroperasi sangat penting untuk produktivitas keseluruhan negara mana pun.

drone-inspeksi-sutet-DJI-M300-RTK-Zenmuse-L1-electrical-transmission-towers.jpg
Objek SUTET yang diinspeksi

Kita semua telah melewati gardu listrik dan mengagumi desainnya dan dengan penasaran menatap semua komponen aneh di dalamnya.

Pada kenyataannya, setiap elemen gardu induk ini memainkan peran penting dalam transmisi tenaga listrik yang aman.

Akibatnya, gardu induk ini mempekerjakan tim insinyur besar yang secara rutin memeriksa infrastruktur untuk memastikan bahwa listrik terus mengalir 24/7.

Namun, memeriksa struktur ini dengan berjalan kaki sangat memakan waktu, mahal, dan bahkan berbahaya.

drone-inspeksi-sutet-dji-phantom-4-rtk.jpg
Drone DJI P4RTK lakukan Inspeksi SUTET

Karena fakta ini, negara harus membangun sejumlah pembangkit listrik transmisi tegangan ultra-tinggi (UHV).

Menariknya, transmisi UHV memungkinkan lebih banyak listrik ditransmisikan melalui jarak yang lebih jauh dengan tegangan yang lebih tinggi.

Dengan drone yang bisa digunakan sebagai alat inspeksi SUTET dari DJI, tidak hanya DJI M300 RTK, drone inspeksi SUTET lainnya seperti DJI Phantom 4 RTK juga dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi inspeksi daripada metode tradisional dan menghasilkan lebih sedikit polusi.

Inspeksi SUTET dengan Drone dan Payload LIDAR

drone-inspeksi-sutet-objek-radiasi-elktromagnetik-tinggi-dji-m300-rtk-zenmuse-l1
DJI M300 RTK dan Zenmuse L1

Untuk mengurangi beban pemeriksaan gardu induk, DJI menawarkan drone sebagai alat inspeksi SUTET Matrice 300 RTK dengan LIDAR payload DJI Zenmuse L1.

Drone sebagai alat inspeksi SUTET DJI M300 RTK tersebut ideal untuk pemeriksaan pembangkit listrik karena memiliki enam sensor penghindar rintangan yang berguna saat terbang di sekitar kabel dan area bertegangan tinggi.

Sementara itu, LIDAR payload DJI Zenmuse L1 memanfaatkan IMU yang sangat akurat dan modul Livox LiDAR, bersama dengan kamera RGB tingkat survei, semuanya pada gimbal stabil tiga sumbu.

Kombinasi ini memungkinkan produksi pointcloud dengan waran yang solid dan mempunyai kepadatan tinggi serta mulus yang dapat pengguna lihat dan pengguna monitoring secara real-time.

drone-inspeksi-sutet-powerliens-dji.jpg
Inspeksi powerlines dengan DJI M300 RTK

Untuk membuktikan seberapa efektif M300 + Zenmuse L1 dalam inspeksi pembangkit listrik, DJI dan mitra lokal mereka untuk mendemonstrasikan solusi inspeksi drone otomatis mereka di gardu listrik induk.

Gardu induk ini merupakan bagian dari proyek PLTA yang dibangun untuk pembangkit listrik besar-besaran, ini menciptakan tegangan tertinggi di dunia dan memiliki kapasitas transmisi terbesar di dunia.

Selain itu, proyek pembangkit listrik tenaga sepanjang 1.452 km (902 mil) menyalurkan listrik k ke daerah besar. Setelah selesai, proyek ini diharapkan dapat mentransmisikan hingga 33 TWh daya bersih setiap tahun.

Aplikasi Inspeksi dengan LIDAR

drone-inspeksi-sutet-inspeksi-dengan-lidar.jpg
Hasil LIDAR scanning SUTET dengan DJI Zenmuse L1

Secara umum, alat inspeksi SUTET secara otomatis seperti drone memerlukan perencanaan misi dan pemilihan titik yang tepat, agar penerbangan dapat dilakukan secara otomatis, data yang diambil pun lebih akurat dan bisa di lakukan pemrosesan dan analisa yang akurat. Awalnya, drone diterbangkan di atas area inspeksi untuk membuat peta 3D.

Setelah peta 3D berwarna asli dibuat, para insinyur dapat menghasilkan jalur penerbangan yang sangat detail untuk drone, yang mencakup setiap detail penting dari gardu induk.

Untuk mendapatkan data yang sangat detail, drone yang digunakan sebagai alat inspeksi SUTET yang diintegrasikan dengan LIDAR payload Zenmuse L1 menggunakan modul LiDAR yang mengarahkan sinar laser ke struktur untuk menghasilkan pointcloud yang tepat.

Selanjutnya, perangkat lunak DJI Terra dapat digunakan untuk mensimulasikan jalur penerbangan dan perangkat lunak yang mudah digunakan juga memungkinkan pemeriksa melakukan penyesuaian penerbangan dengan cepat.

Inspeksi Otomatis

Setelah jalur penerbangan ditetapkan, pilot kemudian dapat menerbangkan alat inspeksi SUTET, yaitu drone melalui misi yang ditentukan dan menyempurnakan sudut kamera, pengaturan gimbal, dan pengaturan titik arah lebih lanjut.

Setelah itu, para insinyur dapat dengan mudah menjalankan inspeksi drone otomatis kapanpun mereka mau dan drone akan menerbangkan penerbangan yang sama persis dan mengambil gambar yang sama setiap kali menjalankan misi.

Ini tidak hanya menyederhanakan proses inspeksi tetapi juga menyediakan perpustakaan data historis yang ditangkap oleh kamera drone kepada para insinyur.

Hal ini memungkinkan inspektur untuk membandingkan gambar drone dari waktu ke waktu dan lebih mudah menemukan kekurangan dalam infrastruktur.

Hasil Melampaui Ekspektasi Kepuasan Pengguna

 drone-inspeksi-sutet-penerapan-dji-m300-lidar-payload-zenmuse-l1.jpg
DJI Zenmuse L1 dipasang pada drone DJI M300 RTK

Setelah menerapkan inspeksi drone otomatis, tim CSG menemukan bahwa inspeksi drone 500% lebih efektif daripada inspeksi manusia saja.

Lebih baik lagi, inspeksi drone otomatis menghilangkan masalah keamanan, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi secara dramatis.

Setelah menggunakan drone sebagai alat inspeksi SUTET DJI di banyak gardu induk, tim CSG menentukan bahwa solusi inspeksi drone otomatis DJI adalah bagian penting untuk menjaga agar jaringan listrik barat-timur tetap beroperasi di China.

“Dengan menggunakan inspeksi drone sebagai alat inspeksi SUTET secara otomatis dari DJI, kami memastikan transmisi listrik tenaga air yang aman di barat sampai ke pantai timur, dan memiliki daya yang konsisten dan andal di seluruh kawasan tidak hanya memberikan dorongan bagi perekonomian tetapi juga memastikan bahwa pelanggan kami dapat menjalani kehidupan yang lebih produktif.

Pelajari lebih lanjut tentang solusi LIDAR drone DJI Enterprise.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Software Multispectral Pix4Dfields untuk Precision Farming
Fitur Lengkap Drone Security Brinc LEMUR S
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories