Drone Agriculture DJI dan Pix4Dfields Menganalisa Tanaman Pakan Ternak

Drone Agriculture DJI

Drone agriculture DJI dan software pertanian Pix4Dfields digunakan untuk analisa kualitas tanaman untuk pakan ternak, bagaimana cara kerjanya?

Watch the video to learn more about drone DJI Phantom 4 Multispectral!


Seperti Apa Tanaman Pakan Ternak yang Berkualitas?

Sebuah perusahaan di sektor pertanian menggunakan teknik pertanian 4.0 untuk verifikasi kualitas dan membandingkan berbagai perlakuan tanaman untuk ternak. Perusahaan tersebut menjadi pemimpin dalam memasarkan produk susu dan turunannya. Untuk membawa terus perusahaanya kedalam kompetisi yang bisa memenangkan pasar, perusahaan tersebut menggunakan drone agriculture DJI Phantom 4 Multispectral dan software pertanian Pix4Dfields untuk menghasilkan kualitas data drone bernilai tinggi, sehingga bahan dasar pakan ternak mereka selalu berada dalam kualitas yang baik.

dji mapping drone pix4dfields
Lahan pakan ternak yang dijadikan objek penelitian


Revolusi Hijau Peternakan Sapi Perah

Banyak sekali komoditas yang sudah dipantau dengan drone software pertanian untuk mapping dengan drone agriculture DJI Phantom 4 Multispectral dan software Pix4Dfields. Komoditas tanaman tersebut membawa kemajuan ilmiah dan revolusi hijab, serta membantu perusahaan mendapatkan banyak modal asing publik karena yakin investasi pada perusahaan tersebut akan membawa ROI secara maksimal di sektor peternakan sapi perah.

Ada kebutuhan yang jelas untuk menawarkan solusi kepada petani untuk membuat cara yang lebih efisien untuk menghasilkan pakan ternak dalam jumlah besar yang dibutuhkan industri tersebut. Menurut penelitian terbaru, ada sekitar 35.290 ribu hektar panen pada tahun lalu. Inilah sebabnya mengapa perusahaan tersebut mampu menjadi pelopor pertanian presisi di sektor peternakan tersebut.

Verifikasi Kualitas Tanaman Pakan Ternak dengan Pix4Dfields

Perusahaan pengguna drone software pertanian untuk mapping bernama drone agriculture DJI P4 Multispectral dan Pix4Dfields sebelum sebesar sekarang, hanya memiliki lahan 400 hektar dan menghasilkan pakan ternak mereka sendiri, seperti gandum dan jagung di musim semi dan musim panas. Karena pakan adalah salah satu elemen yang paling penting dan kritis di peternakan sapi perah, sangat penting bagi petani untuk mengetahui kuantitas dan kualitas pakan ternak.

dji drone pix4dfields map
Pix4Dfields zonation map


Proyek ini bertujuan untuk memverifikasi kualitas varietas tanaman gandum yang sama di dua jenis tanah yang berbeda dengan dua perlakuan berbeda pada tahap akhir. Ini adalah informasi yang sangat penting bagi petani dan tim mereka karena mereka mencoba berbagai jenis perawatan pada tanaman untuk melihat mana yang akan berkinerja lebih baik.

drone software pemetaan orthomosaic nare pix4dfields
Perbandingan ortohomosaics NDRE (kiri) dan Pix4Dfields untuk analisa kualitas tanaman pakan ternak


Peta tersebut digunakan untuk menunjukkan nilai rata-rata indeks vegetasi yang berkorelasi dengan kandungan biomassa dan klorofil seperti NDVI dan NDRE di seluruh plot dan bagaimana perubahannya di antara perlakuan. “Pekerjaan kami tidak akan mungkin terjadi tanpa Pix4Dfields. Pemrosesan cepat dan alat-alat seperti zonifikasi dengan rata-rata aritmatika indeks vegetasi memungkinkan kami untuk memberikan peta zonasi berkualitas tinggi”, kata manajer diperusahaan tersebut.

dji drone mapping pix4dfields

“Bagi kami yang membedakan Pix4D dari penyedia lain adalah dari faktor kecepatan pemrosesan dan kualitas output data, perpustakaan indeks, dan kemampuan untuk mendapatkan input radiometrik dan koreksi matahari dengan drone agriculture DJI Phantom 4 Multispectral. Pix4Dfields menjadi prioritas bagi kami untuk terus digunakan dalam jangka panjang sebagai software untuk identifikasi kualitas tanaman yang akan dijadikan pakan ternak. Bahkan, kami sama sekali tidak berpikiran untuk mempertimbangkan untuk Menggunakan software dan drone lainya seperti DJI untuk melakukan akuisisi data dan analisa lanjutan, karena keinginan kami untuk mewujudkan sistem pertanian secara presisi sudah terjawab, menurut salah satu pengawas pertanian yang bekerja disana.

Jika disimpulkan, aktivitas memantau kualitas tanaman untuk pakan ternak ini membawa kemajuan untuk menjaga agar pertumbuhan bobot hewan ternak bisa meningkat, karena kualitas pakan yang dihasilkan juga sangat baik. Melihat hasil yang diberikan oleh drone agriculture DJI Phantom 4 Multispectral dan software pertanian Pix4Dfields, segala bentuk kekurangan nutrisi tanaman bisa dicegah.

Pada akhirnya, grower di sektor pertanian dan peternakan, sangat puas dengan hasil proyek yang dicapai. Dengan data dan analisis gambar yang diperoleh, petani dapat membandingkan perlakuan dan plot mana yang paling produktif dan membuat keputusan yang tepat di musim tanam musim semi berikutnya untuk membuat produksi mereka lebih efisien.

Requesting on-site demo and full solutions about drone and PIX4D mapping software on AGRICULTURE

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation, with courtesy from Pix4D. The original article and source material can be found here: Drone Mapping for Analyzing Animal Feed Crops

21 Aplikasi Drone LIDAR dan Autonomy Payload untuk Underground Mining
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories