Firmware Update Penting Untuk Drone Pemetaan DJI Phantom RTK

Firmware Update DJI Phantom 4 RTK

dji-phantom-4-rtk-drone-for-survey.png
Drone DJI Phantom 4 RTK

DJI telah merilis pembaruan firmware drone DJI Phantom 4 RTK untuk solusi pemetaan ketinggian rendah yang lebih ringkas, berikut penjelasannya.

DJI P4 RTK adalah solusi survey intuitif, mampu menangkap data tingkat sentimeter untuk membuat peta 2D georeferensi dan model 3D. Drone dikendalikan menggunakan aplikasi DJI GS RTK yang hadir dengan beberapa mode perencanaan, termasuk fotogrametri (2D dan 3D), penerbangan waypoint, kesadaran medan, dan segmentasi blok.

Pembaruan firmware Januari 2022 meningkatkan kemampuan aplikasi melalui fitur terbaru.

Bagaimana Perkembangan Firmware Terbaru DJI Phantom 4 RTK?

Pembaruan firmware P4 RTK terbaru yang dirilis oleh DJI disebut v02.02.0607. Anda harus memastikan versi dengan angka tersebut benar, karena jika tidak anda belum bisa menggunakannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperbaharui semuanya. Tidak hanya itu, aplikasi DJI GS RTK Anda harus diperbarui ke v2.2.0-GSP.

dji-phantom-4-rtk-controller.jpg
Penggunaan controller DJI Phantom 4 RTK

Berikut adalah update yang akan didapatkan oleh pengguna setelah melakukan pembaharuan firmware ke v02.02.0607:

  • Menambahkan pemotretan berwaktu secara manual di DJI GS RTK untuk memberikan pemotretan yang saling bersambung dengan interval waktu tertentu.
  • Menambahkan dukungan untuk mengelompokkan foto yang diambil secara manual di DJI GS RTK. Ketika diaktifkan di aplikasi, foto yang diambil secara manual dan foto yang diberi waktu secara manual akan disimpan di folder survey serta data PPK.
  • Menambahkan prompt di DJI GS RTK untuk merekomendasikan penggunaan pemosisian RTK saat melakukan operasi mengikuti medan.
  • Menambahkan prompt status pesawat di DJI GS RTK.
  • Mengoptimalkan pengaturan UI di DJI GS RTK.
  • Memperbaiki masalah Cloud PPK yang tidak diaktifkan dengan kode aktivasi dalam beberapa skenario.
  • Memperbaiki masalah langka koneksi jaringan RTK khusus yang gagal dalam beberapa skenario.
  • Perhatikan bahwa Anda tidak akan dapat menurunkan versi drone ke v02.02.0503 atau versi yang lebih rendah setelah pembaruan firmware ini. DJI juga mengatakan bahwa menggunakan firmware ini dengan versi DJI Terra lebih tua dari v2.0. tidak disarankan, karena beberapa fungsi tidak akan berfungsi dengan baik.

Bagaimana Caranya untuk Melakukan Update Firmware DJI Phantom 4 RTK ke Versi Terbaru?

dji-phantom-4-rtk-gnss-receiver-emlid-base-station
DJI P4RTK dapat digunakan bersama base station Emlid

Anda dapat memperbarui firmware P4 RTK di DJI Assistant 2 untuk Phantom. Aplikasi DJI GS RTK juga dapat digunakan untuk memperbarui firmware drone dan remote kontrol. Berikut panduan langkah demi langkah yang mudah dilakukan oleh pengguna untuk update firmware DJI Phantom 4 RTK:

  • Nyalakan remote kontrol dan DRONE. Pastikan smart controller untuk mengontrol drone dari jarak jauh memiliki akses ke internet.
  • Pasang port USB-C pada remote kontrol ke port Micro USB di pesawat melalui kabel USB-C OTG dan kabel Micro USB.
  • Akan ada prompt di sudut kanan bawah di aplikasi DJI GS RTK jika ada firmware baru. Tambahkan teks untuk masuk ke halaman firmware.
  • Pilih firmware yang diinginkan dan klik updateuntuk masuk ke halaman informasi firmware.
  • Ketuk Unduh v02.02.0607 untuk mengunduh paket firmware untuk semua perangkat.
  • Saat unduhan selesai, klik update v02.02.0607 di bawah setiap perangkat untuk masuk ke halaman pembaruan untuk perangkat yang sesuai, lalu ketuk Instal dan tunggu pembaruan selesai.
  • Setelah berhasil dilakukan, mulai ulang kendali jarak jauh dan drone secara manual.
  • Perhatikan bahwa tingkat baterai harus di atas 30% untuk pembaruan firmware.

Pengontrolan jarak jauh akan dimulai ulang secara otomatis selama firmware melakukan update. Pastikan untuk menjaga koneksi antara remote kontrol dan drone. Jangan mengoperasikannya secara manual sampai aplikasi menunjukkan instalasi selesai. Selain itu, pengontrol jarak jauh dapat terputus dari drone setelah pembaruan firmware. Tautkan kembali kendali jarak jauh dan pesawat jika perlu.

Tentang DJI Phantom 4 RTK

 dji-phantom-4-rtk.png
Model DJI Phantom 4 RTK

Drone DJI Phantom 4 RTK dapat menjadi pilihan yang sesuai untuk pengguna di dunia survey dan mapping dengan drone, karena fiturnya yang lengkap dan lebih mudah untuk dioperasikan.

Selain itu, drone DJI Phantom 4 RTK juga memiliki fitur gps rtk dan lebih stabil namun kurang apabila untuk keperluan profesional mapping karena endurance/ketahanan terbang yang terbatas dan jangkauan telemetry yang tidak jauh serta tidak dapat ditambahi sensor tambahan seperti lidar, NDVI dll.

Pelajari solusi survey mapping drone DJI lainnya.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Software PIX4Dmapper untuk Analisa Kerugian Bencana Tanah Longsor
Uji DJI Matrice 300 RTK, Zenmuse P1 dan PIX4Dmapper untuk Survey Infrastruktur
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories