Manfaat Drone DJI Enterprise untuk Polisi, Pemadam Kebakaran dan Tim SAR

Drone DJI Enterprise untuk Keamanan Publik

dji-enterprise-dji-zenmuse-p1.jpg
DJI M300 RTK and P1

Menggunakan drone DJI Enterprise untuk menjaga keamanan publik membantu pengguna mengefisiensikan banyak hal, apa saja manfaatnya?

Dalam beberapa tahun terakhir, drone telah menunjukkan nilainya sebagai alat yang serius di berbagai industri. Mereka telah membantu menghemat waktu dan uang, tetapi yang lebih penting, bersama dengan manusia, drone telah membantu menyelamatkan nyawa dengan menjadi bagian dari keselamatan publik di berbagai negara di seluruh dunia.

Banyak responden pertama, seperti penegak hukum, petugas pemadam kebakaran, tim pencarian dan penyelamatan, inspektur keselamatan yang berbeda menggunakan berbagai macam drone dan payload DJI Enterprise dalam pekerjaan sehari-hari mereka untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik, lebih aman, dan lebih cepat. Dan dalam beberapa kasus, bahkan drone DJI Enterprise saling bersinergi dengan baik bersama manusia untuk menyelamatkan banyak orang.

Karena drone adalah sistem pesawat tak berawak, berarti operatornya tetap bisa menggunakan remote control untuk mengendalikannya. Drone yang digunakan oleh para profesional, seperti petugas polisi, pemadam kebakaran, atau tim SAR, datang dalam berbagai bobot dan ukuran, dengan waktu terbang yang bervariasi, dan payload yang berbeda (kamera visual, kamera thermal, loudpseaker, lampu sorot, mencari jangkauan laser, paket, lifejacket, dll).

 dji-enterprise-drone-dji-mavic-2-enterprise-advanced.png
Manfaat drone DJI Enterprise


Drone untuk public safety pada penerbangannya memerlukan pilot berlisensi agar aman untuk dioperasikan di berbagai area, dan terkadang, dalam situasi kompleks (yaitu gelap, visibilitas rendah, area perkotaan dengan banyak rintangan, cuaca buruk, dll.). Juga, tergantung pada situasi dan kebutuhan, drone yang digunakan untuk keselamatan publik dapat memiliki payload yang berbeda seperti kamera penglihatan malam dan termal, kit penyelamat, megafon, dll.

Karena keseriusan situasi di mana drone ini digunakan dan kebutuhan untuk penyebaran yang cepat dan efisien, beberapa peraturan daerah dapat dilonggarkan sehingga penegak hukum, petugas pemadam kebakaran, dan responden pertama lainnya dapat menggunakannya meskipun ada procedur khusus.

dji-enterprise-bagan-drone.png
Bagan hubungan insiden dan drone


Dengan mengingat hal itu, begitu kebutuhan akan bantuan drone muncul, sebuah lembaga atau organisasi dapat menyebarkan drone dari area yang ditentukan untuk drone (kadang-kadang dari polisi atau stasiun pemadam kebakaran) atau di mana pun mereka membutuhkannya. Drone dapat dikerahkan lebih cepat daripada bantuan udara seperti helicopter dan dapat mencapai tujuan lebih cepat daripada tim darat.

Dalam misi penyelamatan, di mana setiap detik penting, waktu yang dihemat dengan menggunakan drone dapat membuat perbedaan antara hidup atau mati. Itu tidak hanya berarti menyelamatkan nyawa seseorang yang berada dalam bahaya, tetapi juga nyawa para profesional keselamatan publik itu sendiri. Dengan menggunakan drone, profesional keselamatan publik dapat bekerja lebih cerdas, lebih aman, dan lebih efisien.

Bagaimana Drone Digunakan untuk Menjaga Keamanan Publik?

dji-enterprise-bagaimana-manfaat-drone.png
Total angka penyelamatan dengan drone


Penggunaan drone dalam keamanan publik telah meningkat dalam lima tahun terakhir. Drone telah menjadi lebih tersedia dan lembaga keselamatan publik lebih siap untuk mencoba dan menggunakan drone dalam pekerjaan mereka untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi. Dan mereka yang telah menerapkan drone untuk menyelamatkan banyak nyawa. Hingga saat ini, lebih dari 600 nyawa di seluruh dunia telah diselamatkan berkat penggunaan drone dan petugas yang berada di lini paling pertama.

Pentingnya penggunaan drone dalam situasi yang mengancam jiwa dapat dilihat di DJI Drone Rescues Around the World, sebuah peta interaktif yang menceritakan kisah bagaimana drone telah membantu menyelamatkan orang dari bahaya. Drone banyak membantu menyelamatkan nyawa orang yang terluka, drone menyelamatkan orang dari sejumlah insiden besar, dan masih banyak lagi.

Manfaat Drone untuk Polisi

Pemanfaatan drone thermal DJI untuk melacak orang

Salah satu alasan mengapa drone digunakan di kepolisian adalah fungsinya dan efektifitas biaya. Sebagai contoh, otoritas kepolisian Swedia memiliki 9 helikopter dengan biaya patroli senilai IDR 48.000.000 jika dirupiahkan.

Sementara drone DJI Mavic 2 Enterprise series jika digunakan dalam sekali investasi bisa mengurangi biaya respons dari udara sebesar 200%, meningkatkan efisiensinya dengan biaya yang jauh lebih rendah bagi warga negara. Polisi juga bisa menggunakan drone untuk melacak penjahat berbahaya dengan lebih baik dan menemukan suspect yang melarikan diri secara tepat, meskipun dalam kondisi yang gelap.

Drone polisi meningkatkan keamanan hanya dengan sebagian kecil dari biaya. Drone DJI Enterprise juga sudah digunakan untuk menggunakan drone di kepolisian. Seperti drone DJI M2EA, drone ini mampu dioperasikan di kondisi berangin selagi tidak terlalu kenacang. Selain itu, drone ini juga dapat digunakan untuk membuat gambar 3D dan rekonstruksi kecelakaan lalu lintas yang serius di TKP, sehingga pekerjaan petugas jadi lebih mudah dan cepat serta lebih minim biaya. Kecepatan, kemudahan penggunaan, dan efektivitas biaya adalah alasan utama drone menjadi alat bantu bagi para profesional penegak hukum di seluruh dunia.

Mengapa Drone dapat Membantu Petugas Pemadam Kebakaran?

Penegakan hukum bukan satu-satunya domain di mana drone dapat digunakan. Petugas pemadam kebakaran dapat menggunakan drone untuk kewaspadaan dan meningkatkan kesadaran situasional yang dapat membuat petugas pemadam kebakaran tetap aman di lapangan, menemukan titik api, atau bahkan memadamkan api.

Salah satu contohnya adalah kasus dari tahun 2020, ketika kebakaran hutan skala besar terjadi di sekitar sisa-sisa pembangkit listrik Chernobyl. Itu berlangsung selama berhari-hari dan membutuhkan kekuatan pemadam kebakaran yang mengesankan untuk mengendalikannya.

Drone memberikan titik pandang kritis dari Udara, sementara jarak pandang di permukaan tanah hampir nol. Operator drone meneruskan data yang dikumpulkan ke perwakilan tim darat yang memahami situasi dan membagikan data penting melalui saluran radio dengan pusat komando dan kru udara dan darat. Semua itu diterjemahkan menjadi intelijen yang dapat ditindaklanjuti yang membantu tim darat mendeteksi area berbahaya dan memadamkan api dengan cepat.

dji-enterprise-drone-dji-m2ea-scaled.jp
Aplikasi DJI M2EA untuk pemadam kebakaran

Drone juga merupakan alat yang tak tergantikan bagi petugas pemadam kebakaran Prancis yang dikerahkan untuk memadamkan api Notre Dame. Petugas pemadam kebakaran di lapangan menggunakan drone untuk melacak perkembangan api dan menemukan posisi terbaik untuk mengarahkan selang kebakaran.

Dengan kamera drone yang dilengkapi dengan sensor thermal drone, Komandan Kebakaran dan Petugas Keselamatan Insiden dapat mendeteksi area di mana bangunan berpotensi runtuh. Melihat melalui asap, mereka dapat melihat area atap yang apinya melemah, dan dapat memperingatkan petugas pemadam kebakaran yang beroperasi di dalam.

Meskipun petugas pemadam kebakaran Paris tidak memiliki drone mereka sendiri, mereka menyadari kebutuhan mereka dan memanggil drone yang dimiliki kepolisian setempat dengan pilot drone yang dipinjam dari kementrian budaya dalam negeri. Petugas pemadam kebakaran Prancis menunjukkan bagaimana drone dapat menjadi alat untuk pemadam kebakaran yang cerdas, bahkan jika mereka tidak memiliki drone pemadam kebakaran sendiri.

Dari kamera termal yang dapat memeriksa di mana titik panas berada atau apakah api dapat dipadamkan, hingga memberikan pandangan yang luas kepada petugas pemadam kebakaran dan tim hazmat tentang area bencana, drone menjadi alat yang sangat berharga dalam memadamkan api.

Mereka dapat memeriksa tempat-tempat yang sulit dijangkau seperti gedung-gedung tinggi atau terbengkalai, memberikan gambaran situasi dalam situasi berbahaya di mana nyawa dapat dipertaruhkan atau akan membahayakan petugas pemadam kebakaran, dan bahkan memetakan daerah yang terkena dampak. Dengan payload yang tepat, mereka bahkan dapat memadamkan api yang lebih kecil.

Pencarian dan Penyelamatan Drone Menghemat Waktu dan Nyawa

dji-enterprise-dji-m2ea-drone-tim-sar-scaled.jpg
DJI M2EA bisa digunakan untuk public safety

Dalam misi pencarian dan penyelamatan, setiap menit (dan seringkali setiap detik) sangat berarti, terutama ketika seseorang hilang atau terluka. Bahwa orang tersebut ditemukan dengan cepat, bahkan lebih kritis selama cuaca buruk atau kondisi visibilitas rendah. DJI melakukan penelitian dengan EENA (European Emergency Number Association 112) untuk mengevaluasi dampak drone dalam menemukan orang hilang dalam peristiwa pencarian dan penyelamatan. 50 uji coba dilakukan dengan tim SAR di Wicklow dan Sligo (Irlandia) dan Wales (Inggris), di mana para profesional SAR didistribusikan dalam 2 lengan: tim yang mendukung drone dan tim tanpa drone. Hasil uji coba menunjukkan bahwa ketika tim yang dilengkapi dengan drone menemukan korban, mereka melakukannya 3,18 menit (191 detik) lebih cepat daripada tim yang tidak menggunakan drone.

Rata-rata, berdasarkan pengalaman HGSS Kroasia, misi penyelamatan menggunakan alat tradisional membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Jika drone pencarian dan penyelamatan digunakan, waktu berkurang setidaknya 25%. Itu berarti seseorang dapat ditemukan lebih cepat dan tanpa membuang sumber daya.

Tergantung pada misi yang ada, drone penyelamat dapat dikerahkan dengan cepat dan terbang untuk mengintai area tersebut dengan kamera digital dan termal definisi tinggi, yang sangat penting dalam misi pencarian pada malam hari.

Tim pencarian dan penyelamatan juga dapat menggunakan drone DJI Enterprise untuk:

  • Pengintaian dan pemetaan area yang berpotensi berbahaya
  • Tanggap darurat dan analisis pasca bencana, seperti pasca angin topan, banjir, gempa bumi, atau bencana lain. Persiapan untuk aktivitas yang dilakukan individu di lereng gunung atau kompetisi panjat tebing di tebing gunung dan area yang berpotensi berbahaya lainnya.
  • Drone adalah alat penting selama bencana tanah longsor terbesar dalam sejarah Norwegia.
  • Tanah longsor membentang dua kilometer persegi, mempengaruhi desa Ask di Gjerdrum. Responden pertama harus berjuang dengan waktu dan suhu serendah -23°C sambil mencari korban dan membantu mereka mendapatkan tempat yang aman.
  • Ketika helikopter penyelamat telah menerbangkan korban pertama ke tempat yang aman, operator drone meluncurkan DJI Matrice 300 RTK untuk mulai memetakan area tersebut, memungkinkan pusat komando untuk mengkoordinasikan pencarian dari jarak yang aman.
Proses Pemetaan Drone
Drone dikerahkan untuk memetakan area tertentu secara sistematis melalui pencitraan fotografi dan inframerah
Gambar yang diambil dengan drone kemudian di proses menggunakan cloud-base mapping software
Gambar yang diproses secara otomatis disatukan untuk membuat peta 3D resolusi tinggi dengan akurasi luar biasa hingga 1cm
Berdasarkan data 3D map, berdasarkan peta 3D, analis memberikan wawasan penyelamatan hidup tim penyelamat mengenai kemungkinan bahaya keselamatan dan perubahan berbahaya di lingkungan sekitar
Proses ini memimpin kesadaran situasional komprehensif yang memastikan keselamatan pekerja dan meningkatkan perubahan misi agar berhasil
Workflow drone mapping


Drone DJI Enterprise yang dikerahkan memanfaatkan muatan penglihatan thermal DJI Enterprise Zenmuse H20T untuk membuat peta resolusi tinggi dalam gelap. Hanya butuh satu jam untuk memproses gambar inframerah menjadi peta 3D yang sudah jadi setelah drone mendarat. Peta itu kemudian dibuat dapat diakses oleh semua layanan darurat yang terlibat dalam misi, memberi mereka informasi yang mereka butuhkan untuk menavigasi lokasi bencana dengan aman dalam kegelapan.

Peta model 3D area tersebut, yang diselesaikan dalam 24 jam pertama, terbukti menjadi sumber informasi penting karena memberikan kesadaran situasional yang komprehensif untuk memastikan operasi penyelamatan yang aman dan terjamin.

Sebelum Menggunakan DroneSetelah Menggunakan Drone
Menunggu citra satelit3D modelling berhasil diselesaikan dalam waktu 24 jam
Resolusi gambar lebih rendahResolusi gambar yang lebih tinggi
Gambar statisGambar presisi
Kurang fleksibelFleksibel
Perbandingan metode tradisional dan dengan drone untuk SAR


Pada akhirnya, drone membantu menyelamatkan 13 orang dan bahkan menyelamatkan seekor anjing yang terjebak selama 22 jam.

Menggunakan drone DJI tak berawak memungkinkan responden pertama Norwegia untuk mendorong batas operasi dan melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak terpikirkan, seperti menggunakan drone sebagai pendobrak darurat untuk memecahkan jendela di mana drone kedua dapat terbang masuk. Meskipun drone DJI Enterprise umumnya tidak diharapkan. untuk digunakan dengan cara ini, mereka menyoroti manfaat sebenarnya dari drone untuk operasi penyelamatan: kemampuan untuk melakukan apa pun untuk menyelamatkan nyawa tanpa mempertaruhkan kesehatan dan keselamatan tim penyelamat.

Penggunaan Drone dalam Keadaan Darurat untuk Medis

Selain membantu petugas pertolongan pertama seperti petugas polisi dan pemadam kebakaran, drone juga dapat membantu bahkan dalam keadaan darurat medis yang serius seperti kasus pengiriman darah yang menyelamatkan seorang gadis berusia 2 tahun di Rwanda.

Sudah ada program percontohan yang dilakukan di seluruh dunia di mana drone melakukan pengiriman obat-obatan ke daerah-daerah terpencil dan sulit dijangkau.

Menggunakan drone untuk mengirimkan pasokan medis dan alat pelindung diri (APD), atau untuk membawa sampel medis dari pusat pengumpulan ke fasilitas pengujian, tidak hanya dapat secara eksponensial mengurangi waktu transportasi, tetapi juga dapat mengurangi kemungkinan polusi sekunder dari kontak manusia.

Di tengah pandemi COVID-19, “pengiriman tanpa kontak” alat tes medis dan vaksin dapat dilakukan melalui jaringan pengiriman drone otonom yang dilengkapi dengan muatan tambahan seperti wadah khusus yang dapat dipanaskan atau didinginkan hingga suhu tertentu. Hal ini memastikan bahwa muatan tidak akan dirusak dan akan tiba di tujuan hanya dalam waktu singkat yang diperlukan untuk tiba melalui sarana transportasi konvensional.

Bahkan drone yang dilengkapi dengan megafon dapat membantu menyelamatkan nyawa jika memberikan instruksi tentang cara melakukan pertolongan pertama kepada seseorang dan melayang di atas orang yang terluka sehingga profesional medis dapat menemukannya dengan lebih mudah.

Learn more about DJI Enterprise drones!

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Tutorial Menempatkan GCP agar Akurat dengan Emlid Base Station
10 FAQ dan Jawaban Flyability Elios 2 untuk Industri Minyak dan Gas
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories