DJI Enterprise: Manfaat dan Rekomendasi Drone untuk Tim SAR

Drone DJI Enterprise untuk Tim SAR

drone-dji-enterprise-terbaik-evakuasi-tim-sar
Proses evakuasi dengan metode tradisional

Menggunakan drone DJI Enterprise untuk search and rescue lebih minim risiko dan responsif, bahkan ketika situasi bahaya sekalipun, berikut manfaatnya serta rekomendasi drone untuk tim SAR.

Saat ini, begitu banyak tim SAR beralih ke teknologi drone komersial untuk membantu mereka lebih responsif dan meningkatkan kewaspadaan menjadi yang paling utama ketika berhadapan pada situasi penyelamatan berbahaya.

Drone dapat dengan cepat mencakup area yang luas dan medan yang menantang, dan bahkan dapat menemukan individu yang hilang dan mengumpulkan informasi penting sebelum responden tiba di tempat kejadian, termasuk memberi mereka konteks yang dibutuhkan untuk bergerak cepat dan membuat keputusan yang tepat.

Proses Search and Rescue Saat Ini

Bencana alam saat ini seringkali terjadi dimana saja dan kapan saja, bahkan seringkali waktu datangnya bencana tidak selalu tepat diprediksi, sehingga mengharuskan tim SAR dilapangan untuk lebih adaptif dan responsif saat melakukan proses evakuasi dan penyelamatan korban. Cara untuk membuat tim SAR dilapangan agar semakin berada didepan untuk bisa diandalkan adalah memilih teknologi drone yang tepat untuk menunjang operasional mereka dilapangan.

Saat ini, drone DJI Enterprise punya fitur yang membuat tim SAR menjadi lebih aman dalam menjalankan tugasnya. Bencana alam, seperti kebakaran hutan dan badai tropis, telah menjadi bagian kehidupan yang bisa saja menimpa bagi banyak orang di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir. Ketika laju perubahan iklim semakin cepat, prevalensi bencana alam juga semakin cepat, sehingga tim SAR harus terus beradaptasi dengan teknologi baru agar mereka bisa selalu berada di garda terdepan untuk pencarian dan penyelamatan korban.

Surveying dan Assesment

Proses survey dan assesment pasca bencana dengan drone DJI Enterprise

Dengan cepat, drone DJI Enterprise melakukan pengambilan gambar untuk mengamati lanskap dan menilai kerusakan yang telah terjadi. Setelah mengudara, drone melakukan streaming rekaman HD 1080p secara langsung ke monitor di pusat komando melalui port HDMI di pengontrol genggam drone.

Keunggulan Ini memberi pemimpin regu pandangan yang lebih luas dari terhadap area yang terdampak bencana dan membantu mereka membuat keputusan lebih akurat untuk mendelegasikan kemana tim penyelamat akan dikirim untuk membantu pasca terjadinya bencana. Selain itu, pemimpin regu penyelamat juga dapat menilai secara lebih menyeluruh kerusakan yang telah disebabkan oleh tanah longsor dan mengalokasikan sumber daya yang sesuai, lebih cepat dan lebih jelas dibandingkan menggunakan pencitraan satelit.

Ketika misi membutuhkan pemahaman penuh tentang medan di sekitarnya, drone dapat memetakan area lebih cepat dan lebih aman daripada metode tradisional. Tergantung pada payload kamera dan software lainnya, pengguna drone DJI Enterrpise dengan mudah dapat membuat peta 2D, model topografi 3D, atau peta termal. Apalagi, selama terjadi bencana, drone adalah alat utama untuk meningkatkan kesadaran situasional tim SAR dilapangan.

drone yang tepat dapat bertahan di udara untuk waktu yang lama dan melayang di ketinggian yang tidak mengeluarkan kebisingan atau turbulensi berlebih. Drone juga membatasi jumlah waktu yang dibutuhkan pekerja SAR untuk berada di zona longsoran dengan memungkinkan mereka mengakses lokasi dari jarak jauh dan hanya pergi ke tempat yang mereka butuhkan.

Mapping Potensi Lokasi Bencana di Masa Depan

 dji-enterprise-mapping-lokasi-pencana-dengan-drone-dji-m300-rtk-dji-terra.jpg
Peta potensi lokasi bencana yang didapat dengan drone DJI dan software DJI Terra

Dengan menggunakan drone DJI Enterprise yang tepat dan software DJI Terra, tim dapat melihat interpretasi gambar yang sangat presisi secara  real-time, daripada gambar satelit tradisional.

Karenanya, keunggulan itu sangat berharga untuk membantu petugas membuat keputusan cepat untuk menyelamatkan lebih banyak nyawa.  Setelah dikumpulkan, data kemudian di input ke software DJI Terra  dan berhasil memetakan area yang terdampak bencana serta menghasilkan model 2D dan 3D yang komprehensif .

Data ini kemudian digunakan oleh pemimpin tim untuk menilai kerusakan struktural, merencanakan misi penyelamatan, menavigasi bahaya, dan memprediksi area yang mungkin berisiko tarpapar bencana di masa depan dengan cepat. Selain itu, tim juga dapat menggunakan data tersebut untuk membuat peta lahan terperinci yang menyoroti rintangan di sekitar pembangkit listrik tenaga air, sehingga petugas penyelamat dapat menghindari bahaya dan menemukan jalur teraman untuk tim SAR dan para korban. Sebagai contoh, ketika terjadi peristiwa tanah longsor terjadi, drone DJI Enterprise berhasil dioperasikan oleh tim SAR selama 270 jam dan 40 hari untuk terus memperbaharui potensi pemetaan daerah bencana di masa depan.

Menemukan Lokasi Orang di Tempat Gelap

Kamera thermal DJI Zenmuse H20T melakukan deteksi objek

Drone DJI Enterprise dilengkapi dengan kemampuan luar biasa untuk melihat banyak hal yang tidak bisa dilihat oleh manusia.

Salah satu payload DJI Enterprise yang memiliki kemampuan untuk melihat di kegelapan dan mendeteksi objek adalah DJI Zenmuse H20T.

Payload drone yang dilengkapi dengan kamera thermal tersebut bisa melihat apa yang tidak bisa dilihat manusia. Dengan kamera termal, seperti yang ada pada Zenmuse H20T, tim SAR dilapangan dapat mengidentifikasi orang hilang yang mungkin tidak terlihat berdasarkan suhu tubuh mereka. Kemampuan ini sangat berharga untuk mempercepat proses identifikasi lokasi dan penyelamatan korban selama penerbangan malam hari, termasuk mendeteksi korban bencana tanah longsor.

Berkomunikasi dengan Orang Lain

Drone DJI Enterprise dapat dilengkapi dengan speaker untuk berkomunikasi dengan orang yang terdampak bencana dengan mengirimkan sinyal yang dapat mereka dengar, dan kemudian memberitahu mereka, bahwa mereka telah ditemukan dan bantuan sedang dalam perjalanan. Teknik seperti ini telah berhasil digunakan untuk petugas tim SAR yang menyelamatkan pendaki yang terjebak di pegunangan dan berhasil menemukan pendaki tersebut dalam keadaan selamat.

Rekomendasi Drone DJI Enterprise untuk Tim SAR

Setelah mengetahui banyaknya manfaat drone DJI Enterprise untuk Tim SAR, berikut akan dijelaskan mengenai rekomendasi drone DJI yang tepat untuk memaksimalkan operasional tim dilapangan.

Drone DJI Mavic 2 Enterprise Advanced

dji-enterprise-drone-dji-mavic-2-enterprise-advanced
Penggunaaan drone DJI M2EA untuk peningkatan kesadaran situasional dilapangan

Drone DJI Enterprise yang digunakan oleh tim SAR haruslah memiliki kecepatan dan kelincahan terbang di berbagai wilayah, terutama ketika berada di wilayah kompleks seperti hutan yang banyak pepohonan atau hambatan terbang lainnya.

Drone DJI Mavic 2 Enterprise Advanced dapat digunakan untuk mengakomodir kebutuhan tersebut. Drone DJI Enterprise tersebut memilki bentuk yang kokoh untuk membawa banyak payload.

Selain itu, drone DJI Enterprise Mavic 2 Enterprise Advanced juga dilengkapi dengan modul RTK untuk mengetahui lokasi pemosisian secara akurat hingga ke tingkat sentimeter dan memilliki transmisi HD sejauh 10 kilometer.

DJI M300 RTK

dji-enterprise-dji-m300-rtk-untuk-tim-sar-identifikasi-potensi-bencana-scaled.jpg
Durasi terbang DJI M300 RTK mencapai 55 menit

Rekomendasi drone selanjutnya yang tepat untuk digunakan oleh tim SAR adalah DJI M300 RTK. Drone ini memiliki segala kebutuhan untuk operasional bisnis tim SAR dilapangan agar mereka bisa melakukan pekerjaan dengan lebih efektif.

Drone DJI Enterprise ini memiliki durasi terbang yang lebih panjang. memiliki semua yang Anda butuhkan untuk pengawasan misi yang efektif.

Drone tersebut didukung dengan fungsi pengisian baterai yang lebih cepat, dan didukung oleh 3 slot payload yang dapat diangkut selama beratnya tidak lebih dari 2.7kg. Payload yang dapat dibawa oleh drone DJI Enterprise M300 RTK diantaranya lampu sorot, speaker, LIDAR atau payload pihak ketiga lainnya.

Drone DJI Enterprise M300 RTK dilengkapi dengan interface yang mudah dipahami oleh pengguna. Fitur A.I spotcheck dan grid photo pada DJI M300 RTK cocok untuk mengidentifikasi dan membuat anotasi gambar secara akurat.

Selain itu, drone DJI M300 RTK mampu terbang untuk waktu yang lama, yakni 55 menit. Keunggulan ini berarti membantu tim SAR dilapangan untuk mengumpulkan berbagai informasi yang dibutuhkan secara tidak terbatas tanpa harus memperdulikan seberapa jauh misi pencarian dan penyelamatan yang dikerjakan.

Payload Zenmuse H20T

 dji-enterprise-drone-payload-dji-zenmuse-h20t.jpg
Payload Zenmuse H20T

Payload ataupun kamera yang mendukung fungsi thermal seperti DJI Zenmuse H20T dapat menambahkan dimensi baru pada upaya pencarian dan penyelamatan tim SAR.

Payload tersebut memungkinkan tim SAR dilapangan untuk menjalankan misi pencarian dan penyelamatan yang efektif di malam hari, di ruang gelap seperti gua, dan dalam situasi longsoran di mana seseorang mungkin menjadi tidak terlihat.

Zenmuse H20T adalah payload yang sempurna untuk misi semacam ini. Kamera multi-sensor ini bisa melakukan semuanya. Selain kamera thermal radiometrik, seri ini dilengkapi dengan Kamera Zoom 20 MP dan teknologi untuk membuat gambar tetap stabil.

Pelajari lebih jauh solusi drone DJI Enterprise lainnya.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Spesifikasi Lengkap Anti Drone DroneGun MKIII
Rekomendasi Kamera VTOL Survey Pemetaan Kawasan Industri Trinity F90+
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories