Survey Tradisional VS Drone Survey DJI Enterprise, Mana yang Lebih Efisien?

Drone Survey DJI Enterprise

drones-survey-dji-phantom-4-rtk-used
Aplikasi survey dengan DJI Phantom 4 RTK

Karena akurasi dan keandalan penting, melakukan pemetaan dengan drone survey dapat membantu dari survey tradisional, berikut penjelasannya.

Mengadopsi teknologi drone dalam dunia survey dan mapping terkadang menjadi pertanyaan bagi calon pengguna, apakah worth it jika menggunakannya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, artikel ini akan menjelaskan perbandingan dari survey tradisional dan survey menggunakan drone DJI, dimana banyak proyek survey yang berhasil diselesaikan dengan akurasi yang diberikan drone.

Kenapa Banyak Surveyor Beralih ke Drone?

drone-survey-dji-p4rtk-halo-robotics.gif
Scanning area survey dengan DJI Phantom 4 RTK

Banyak proyek survei yang berhasil diselesaikan dengan akurasi yang diberikan drone.

Ada penghematan biaya, waktu, dan keamanan yang luar biasa yang harus dilakukan saat mengintegrasikan drone ke dalam alur kerja tradisional. Drone telah menjadi alat transformasi di berbagai industri. Dari segi waktu, penghematan biaya dan peningkatan keamanan adalah manfaat utama yang dapat dibawa oleh drone survey dan mapping DJI Enterprise untuk membantu pekerjaan surveyor.

Aplikasi pada Proyek Survey

drone-survey-dengan-base-station.jpg
Contoh survey tradisional dengan base station

Salah satu anak perusahaan analisa kereta api membandingkan metode tradisional dengan drone survey dan payload DJI Enterprise mengurangi waktu proses hingga 2 jam, sudah menggunakan mode RTK built-in dan sensor full-frame yang dapat mengirimkan metadata, sehingga secara otomatis mengurangi jumlah GCP yang diperlukan menjadi nol.

Selain menghabiskan waktu, metode survey tradisional melibatkan penanganan peralatan secara fisik di dalam dan area yang berada di dekat rel, karena area ini termasuk area berisiko tinggi untuk bekerja. Menggunakan drone survey DJI Enterprise M300 RTK dan Phantom 4 RTK serta Zenmuse P1, pengguna dapat mengotomatisasikan banyak proses dan meminimalisir risiko bagi surveyor tanpa mengorbankan akurasi yang dihasilkan. Selain itu, DJI Zenmuse P1 juga unggul digunakan meskipun dalam kondisi minim cahaya.

Output Data DJI Phantom 4 RTK

Survei dengan Phantom 4 RTK membuka banyak output data, diantaranya:kemungkinan data. Hasil yang tepat bergantung pada pilihan perangkat lunak Anda, tetapi hasil potensial meliputi:

Orthomosaic Map

Salah satu hasil survei yang paling umum adalah peta orthomoasic definisi tinggi. Dengan menyatukan gambar yang diambil oleh drone, Anda dapat memberikan pandangan sekilas tentang suatu area seperti sekarang, membantu perencanaan, pengambilan keputusan, dan pelacakan kemajuan proyek.

Dengan mengurangi jumlah GCP yang diperlukan untuk misi survei, drone survey DJI Enterprise dapat menghemat banyak waktu bagi surveyor. Tapi itu bisa dibilang di area yang tidak dapat diakses atau berbahaya di mana teknologi menjadi miliknya sendiri, trek kereta api hanyalah salah satu contoh lingkungan kerja yang jauh lebih cocok untuk alat berat otonom.

Poin terakhir yang perlu diperhatikan adalah kedalaman data yang dimungkinkan dengan drone. Meskipun membutuhkan sebagian kecil dari tenaga kerja, point clouds dengan jutaan titik data dalam banyak kasus, detail yang lebih besar, dapat dicapai dalam waktu penyelesaian yang wajar. Untuk mendapatkan hasil yang sama dari metode klasik akan membutuhkan waktu, instrumen, dan biaya yang jauh lebih banyak.

3D Surface, Terrain dan Model Elevasi

dsm-dtm-contour-map
DSM,DTM Contour Map output

Karena gambar drone P4 RTK menyertakan titik data melintasi garis lintang, garis bujur, dan ketinggian, setiap piksel membawa data untuk permodelan 3D. Ini berarti bahwa di antara hasil yang paling menarik dari drone survey.

Model realistis imersif yang dihasilkan menggabungkan visual definisi tinggi dengan titik data geografis yang akurat. Hasilnya adalah alat navigasi yang dapat digunakan untuk perencanaan proyek, melakukan pengukuran yang akurat, dan analisa kemajuan.

Contoh utama adalah Digital Surface Model, yang memberikan nuansa tekstur situs dan alat eksplorasi yang langsung dikenali. Model DSM, DTM dan Contour Map dibangun dengan data yang sama tetapi tidak menggunakan struktur dan objek buatan manusia. Seperti yang disarankan, fokusnya adalah pada medan. Terakhir, Model Elevasi Digital melangkah lebih jauh, mewakili permukaan bumi yang telanjang dengan menghilangkan fitur alami dan buatan manusia. Model Elevasi Digital digunakan dalam pembuatan kontur peta topografi.

Survey Volumetrik dan Aplikasi Lainnya

Pengukuran volumetric drone DJI P4RTK PIX4D Mapper

DJI Phantom 4 RTK dapat mengumpulkan data yang diperlukan untuk model volumetrik, yang dapat digunakan untuk mengukur stockpile di industri pertambangan dan konstruksi

Melakukan survey dan mapping untuk infrastruktur transportasi, perusahaan menggunakan drone survey untuk memetakan jalur trem 301 km dan jalur bus sejauh 827 km. Dalam percobaan, perusahaan melakukan perbandingan antara kinerja drone survey DJI Phantom 4 RTK dan metode tradisional saat melakukan survey.

Perbandingan tersebut memerlukan terbang di atas bagian trek, mengumpulkan gambar, dan memprosesnya sebelum melakukan pengukuran dari model 3D yang dihasilkan.

Melihat output CAD dari survey tradisional berdampingan dengan CAD dan output point clouds dari DJI Phantom 4 RTK, jelas berapa banyak lagi data yang dikumpulkan oleh drone DJI. Data udara juga memungkinkan ortofoto yang dapat diorientasikan dan dimanipulasi untuk menyederhanakan perencanaan proyek.

Pelajari solusi survey mapping DJI Enterprise lainnya.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Tutorial Mengolah Foto Udara dengan PIX4Dmapper
Micasense Meluncurkan RedEdge-P dan Altum-PT: Kamera Multispectral Canggih untuk Pertanian Perkebunan dan Penelitian Tanaman
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories