CASE STUDIES
Beranda » Blog » Inspeksi Pipa Dermaga dengan Drone DJI M300 RTK dan DJI Zenmuse H20T

Inspeksi Pipa Dermaga dengan Drone DJI M300 RTK dan DJI Zenmuse H20T

Di banyak bagian dunia, di mana kapal digunakan untuk mengimpor produk minyak dan gas,
kilang dan terminal penyimpanan biasanya terletak di dekat perairan yang dapat dilayari. Dan dermaga merupakan fasilitas darat untuk mentrasfer antar kapal, dimana sistem perpipaan pada dermaga cukup kompleks yang pada akhirnya selalu membutuhkan perawatan berkala untuk memeriksa dermaga dari korosi dan kebocoran.

Inspeksi Dermaga secara konvensional cukup membutuhkan waktu, biaya, dan jam kerja yang berbahaya. Mari kita ulas salah satu kasus yang terjadi di Pakistan dan bagaimana cara mereka melakukan inspeksi menggunakan drone DJI Matrice 300 RTK yang didukung dengan sensor Zenmuse H20T.

 Inspeksi Pipa Dermaga dengan Drone DJI M300 RTK dan DJI Zenmuse H20T

Inspeksi Pipa Dermaga

Pusat industri dan keuangan Pakistan Karachi adalah rumah bagi dua pelabuhan utama dan tiga terminal gas alam cair / liquefied natural gas (LNG).Terminal terbesar, terdiri dari dermaga sepanjang 1,4 km, terletak di Port Qasim. Pipa gas bertekanan tinggi yang membentang di sepanjang dermaga berusia 23 tahun itu dioperasikan oleh Royal Vopak yang berbasis di Rotterdam dan perusahaan multinasional asal Pakistan, Engro. LNG dari fasilitas ini dipasok ke entitas milik pemerintah Pakistan, Sui Southern Gas Company.

Mengingat peran penting yang dimainkan terminal LNG dalam kebutuhan energi Pakistan yang terus meningkat, inspeksi berkala diperlukan untuk kelangsungan operasional. Namun, inspeksi yang dilakukan melalui metode manual tradisional adalah urusan yang sangat mahal dan membosankan.

Seluruh proses dapat memakan waktu antara empat hingga lima bulan. Ada scaffolding sementara yang harus dibangun dan trestles untuk disewa setiap hari. Dan karena dermaga menjorok ke dalam air dan sulit diakses, kru inspeksi tidak punya pilihan selain membahayakan dirinya sendiri saat mengumpulkan data secara manual.

Tetapi semua ini berubah sejak Pakistan merubah metode inspeksinya pada tahun 2022.

Jetty Pipeline Inspection - M300 Upward Gimbal

Keunggulan Inspeksi Pipa Dermaga Dengan Drone DJI

Dalam beberapa tahun terakhir, drone telah sepenuhnya mengubah cara perusahaan utilitas dan minyak dan gas mengelola aset industri mereka. Drone membantu mengidentifikasi ancaman dengan cepat, melihat melalui titik-titik buta, dan meningkatkan efisiensi inspeksi secara keseluruhan. Dalam kebanyakan kasus, mereka dapat digunakan tanpa mematikan operasi yang membantu meminimalkan biaya pemeliharaan. Dan jangan lupa bahwa menggunakan drone tidak hanya menjauhkan pekerja dari situasi berbahaya tetapi otomatis, penerbangan berulang juga memastikan pengiriman data inspeksi terperinci yang dapat digunakan untuk mendeteksi trends dan insights sejak dini.

Vopak menyewa penyedia layanan drone VTOL Dynamics persis untuk alasan ini.

Perusahaan tersebut dipercaya untuk menemukan solusi kelas industri yang dapat memeriksa struktur sipil dan logam dari seluruh dermaga. Perusahaan memutuskan untuk menggunakan drone DJI M300 RTK dengan sensor H20T. Selain itu, konektor gimbal ke atas juga digunakan, sehingga data presisi maksimum dapat ditangkap menggunakan dua payloads.

Proyek andalannya adalah yang pertama di Pakistan dan membantu menyelesaikan inspeksi dermaga dalam 10 hari kerja yang memecahkan rekor.

“Pekerjaan ini biasanya memakan waktu 4-5 bulan dan kami selalu takut. Berkat DJI M300 RTK dan H20T, kami dapat kembali beroperasi hanya dalam 10 hari.” – Taimoor Afzal, Wakil Manajer Transformasi Digital, Engro Vopak

Inspeksi Pipa Dermaga dengan Drone DJI M300 RTK dan DJI Zenmuse H20T-2

DJI M300 RTK: Drone yang dibuat untuk inspeksi kritis dan menantang

VTOL Dynamics menunjukkan bahwa pemilihan pesawat dan sensor yang tepat sangat penting untuk proyek tersebut. Ada beberapa tantangan yang dihadapi tim, antara lain jadwal pasang surut yang ketat, hembusan angin hingga 15m/s, gangguan magnetik yang disebabkan oleh struktur baja, dan menemukan akses ke daerah yang sulit dijangkau oleh laut lepas, sehingga data dapat dikumpulkan dari setiap inci dermaga 1,4 km.

Tetapi kekhawatiran yang lebih besar bagi kru adalah keselamatan. Dermaga itu membawa ribuan meter kubik bahan bakar yang mudah menguap setiap hari dan setiap insiden yang tidak diinginkan dapat menimbulkan risiko bagi keselamatan ratusan personel dan properti yang bernilai jutaan dolar.

DJI M300 RTK berhasil menanganinya karena VTOL Dynamics telah menggunakannya beberapa kali di lokasi kerja lain yang menantang dan tim terkesan dengan kinerja dan keandalan platform yang kokoh.

M300 RTK dilengkapi dengan motor bertenaga yang memungkinkan kelincahan, akselerasi, dan kemampuan manuver yang belum pernah ada sebelumnya, bahkan dalam kondisi angin kencang dan keras. Drone dapat menahan efek penumpukan garam dan korosi untuk operasi berkelanjutan di lingkungan pesisir yang menantang. Selain itu, drone dengan IP45-rated didukung dengan collision avoidance system atau sistem anti tabrak serta rangkaian redundansi untuk memastikan keamanan dalam keadaan darurat.

Payload DJI Zenmuse H20T, sementara itu, adalah solusi quad-sensor yang sama-sama mengesankan yang terdiri dari kamera zoom 20MP, kamera lebar 12MP, kamera termal radiometrik 640x512px, dan laser rangefinder 1200m. Selain mendeteksi anomali suhu, DJI Zenmuse H20T memberikan gambar super tajam dengan 23× Hybrid Optical Zoom, dengan kemampuan ini memungkinkan inspektor mengevaluasi kondisi aset secara lebih rinci.

drone night vision-dji m300 rtk dan dji zenmuse h20t payload copy

Kesimpulan

Naved Ali, pendiri VTOL Dynamics, menekankan bahwa timnya tidak dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa mesin canggih seperti drone DJI M300 RTK dan sensor DJI Zenmuse H20T.

“Meskipun kami telah menggunakan drone ini di lusinan proyek yang berbeda, pemeliharaan dermaga adalah salah satu pengalaman yang paling memuaskan bagi seluruh kru karena kami dapat mencapai sesuatu dalam 10 hari, yang selama 23 tahun terakhir dilakukan. dalam 4-5 bulan.” – Naved Ali, Pendiri dan CEO VTOL Dynamics.

Vopak sekarang berencana untuk melakukan semua inspeksi dermaga di masa depan menggunakan drone dan jika anda ingin membuat inspeksi aset anda lebih mudah dari sebelumnya, cobalah gunakan drone DJI M300 RTK dan payload DJI seri Zenmuse H20T.

Baca juga Rekomendasi Drone Inspeksi Terbaik dan Manfaat Drone Inspeksi di Berbagai Industri

Jika ada pertanyaan lain, silahkan hubungi kami melalui:
Email: enterprise@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-8549-888

For more infomation, visit our:
Website: https://halorobotics.com/
Online Store: https://halorobotics.com/shop/
Facebook: www.facebook.com/halorobotics/
Instagram: www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn: www.linkedin.com/company/halo-robotics
Subscribe to our YouTube Channel: www.youtube.com/halorobotics

Post Related

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog