13 Cara Drone Komersial Mengubah Pekerjaan Anda di Tahun 2022

Dengan seiring berjalannya waktu, drone telah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dari hanya menjadi hiburan bagi para penghobi, fotografer, dan pembalap FPV, yakni drone menjadi alat pengumpulan data yang canggih yang mampu memberi nilai plus di semua jenis industri. Robot terbang ini digunakan dengan cara transformatif, memangkas biaya operasional, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan keselamatan kru dalam prosesnya.

At the end of the day DJI Enterprise didirikan untuk membawa robot terbang ini ke dunia kerja. Berikut 13 cara drone kami berhasil membantu para professional di seluruh industri….

1. Perlindungan dan Penelitian Satwa Liar

Pemeliharaan Laut (Marine Conservation)

Drone membantu dalam perlindugan dan penelitian satwa liar
Drone Membantu dalam Perlindungan dan Penelitian Satwa Liar

Drone telah menjadi alat yang kuat dan terjangkau untuk semua jenis proyek satwa liar, dan dengan fakta tersebut menjadikan drone sebagai alat untuk memperluas jangkauan ilmu pengetahuan. Teknologi ini telah menjadi Game Changer bagi organisasi konservasi laut Ocean Alliance, di mana Dr. Iain Kerr dan timnya menggunakan platform DJI untuk mengumpulkan ingus paus untuk dianalisis guna memantau kesehatan lautan kita. Data yang tak ternilai ini dikumpulkan lebih cepat dengan akurasi lebih tinggi, dan dengan biaya lebih rendah daripada sebelumnya. Dan dengan terciptanya  teknologi ini dapat memastikan manusia dalam merawat laut kita tanpa membahayakan diri mereka sendiri.

Melindungi Spesies Yang Terancam Punah (Protecting Endangered Species)

Drone Melindungi Spesies Yang Terancam Punah
Drone Melindungi Spesies Yang Terancam Punah

Melindungi spesies yang terancam punah di beberapa negara seperti:
Di Savannah: dalam penelitian kucing besar, peratalan DJI digunakan untuk melacak dan memantau singa di Savannah
Di Kenya: Tim keamanan menggunakan teknologi untuk melindungi gajah dari pemburu liat.
Di Australia: komersial dengan kemampuan kamera Thermal telah digunakan untuk mendukung misi pencarian dan penyelamatan satwa liar (SAR) seperti mengamankan Koala yang tidak terhitung jumlahnya. Sebelumnya menjelajahi, memahami, dan melindungi alam tidak pernah sepenting ini bukan?

2. Kesehatan Masyarakat (Public Healthy)

Drone DJI Agras T30 Bermanfaat Untuk Kesehatan Masyarakat
Drone Bermanfaat untuk Kesehatan Masyarakat
  • Sejak pandemi COVID-19 Drone agriculture berpotensi melengkapi upaya COVID-19 dengan menjadi alat pengiriman vaksin dan pasokan medis lainnya di Republik Demokratik Kongo hingga Kepulauan Scilly di Inggris.
  • Drone Pertanian juga berada di garis depan dalam upaya untuk mengatasi pembunuh terbesar dalam sejarah manusia: Malaria.
  • Drone melakukan perjalanan secara langsung dan menjangkau populasi yang terisolasi

3. Energi Terbarukan (Renewable Energy)

Manfaat Drone DJI M30T Membantu Industri Energi Terbarukan untuk Inspeksi
Manfaat Drone Membantu Industri Energi Terbarukan untuk Inspeksi

Solar: Ukuran dan kapasitas pembangkit listrik tenaga surya tumbuh secara eksponensial di seluruh dunia, untuk menjaga mereka beroperasi secara efisien dan maksimal, dibutuhkan inspeksi yang rutin, tapi skala yang luas membuat inspeksi menjadi tantangan tersendiri. Manfaat robot terbang ini untuk inspeksi industri tenaga surya adalah kru inspeksi dapat menjangkau area yang luas dan menentukan area yang menjadi perhatian.

Manfaat Drone DJI M30T Membantu Industri Turbin untuk Inspeksi
Manfaat Drone Membantu Industri Turbin untuk Inspeksi

Wind: Sama seperti di industri tenaga surya, Wind Farms atau Ladang Angin terbuat dari bahan yang rawan yang jika tidak bekerja secara efisien akan berdampak pada pembangkit listrik dan keuntungan bagi perusahaan energi. Berikut manfaat drone untuk inspeksi turbin angin, drone dapat mengurangi biaya dibanding inspeksi menggunakan helicopter, robot terbang ini dapat mendeteksi anomali berdasarkan data yang dikumpulkan, dan drone mencegah kru inspeksi menskalakan turbin kecuali benar-benar diperlukan.

4. Pertanian (Agriculture)

Industri pertanian merupakan salah satu pengadopsi terbesar teknologi DJI Agras T10 yang membuat dampak besar pada pertanian di seluruh dunia. Manfaat robot terbang ini untuk industri pertanian adalah dapat menyebarkan pupuk dan peptisida secara presisi dan akurat, sementara dengan Software Multispektral anda dapat menganalisis Kesehatan tanamanan yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia dan sekarang menjadi alat penting untuk pertanian modern.

5. Pelestarian Budaya (Historical Preservation) Menggunakan DJI Terra Software

Merestorasi Kastil Karatsu dengan DJI Phantom 4 RTK dan Software Mapping DJI Terra
Merestorasi Kastil Karatsu dengan DJI P4 RTK dan DJI Terra

Manfaat lidar dalam melestarikan budaya adalah untuk membantu proyek arkeologi, restorasi, peta dan model yang detail sebelum memulai pekerjaan, hal ini bertujuan untuk menghemat biaya dan proses pengumpulan data secara tepat waktu.

Contoh penggunaannyaa dalam melestarikan budaya di Jepang, digunakan untuk merestorasi Kastil Karatsu ke-17 menggunakan DJI Phantom 4 RTK dan Software Mapping DJI Terra.

6. Misi Pencarian dan Penyelamatan (Search and Rescue)

Manfaat robot terbang ini bagi tim Search and Rescue dalam misi pencarian dan penyelamatan adalah membantu tim SAR dalam menavigasi di kondisi gelap total dengan remote sensing teknologi Thermal dan fungsionalitas kamera RGB dan Zoom, dimana tim SAR dapat menemukan orang dengan lebih mudah dibanding menggunakan helicopter dan membawa peralatan yang sama.

Contoh manfaat lainnya di berbagai negara salah satunya ia menemukan orang hilang di Inggris, pejalan kaki yang terdampar di Islandia, dan orang-orang yang selamat setelah banjir dan tanah longsor yang menghancurkan Vietnam.

7. Drone Pemadam Kebakaran (Drone Firefighting)

Fungsi Drone Thermal DJI M30T Dalam Mengatasi Kebakaran Kimia di Thailand:

Drone Membantu Kebakaran Pabrik Kimia di Arkansas, AS
Kebakaran Pabrik Kimia di Arkansas, AS

1. Memberi informasi secara detail dan real-time tentang kebakaran yang terjadi
2. Membantu memetakan area dengan cepat untuk mengidentifikasi Titik Utama Api
3. Menganalisis hasil forensik pasca-darurat
4. Menemukan penyebab kebakaran dengan mudah.
5. Membantu pihak berwenang untuk meningkatkan langkah keamanan demi mengurangi potensi di masa depan.

Ini bukan pertama kalinya fying robot ini sangat efektif dalam mendukung upaya pemadam kebakaran di perkotaan untuk memerangi kebakaran. Pada tahun 2019, ia juga digunakan untuk membantu dengan cepat memadamkan kebakaran kimia yang terjadi di sebuah pabrik industri di Arkansas, AS. Seperti kebakaran di Thailand, Tim Pemadam Kebakaran meminta bantuan Thermal untuk dengan cepat mengukur situasi dan memberikan 360 derajat hasil analisa kobaran api.

Pada tahun yang sama, ia juga siap menangani kebakaran tragis yang melanda Notre Dame di Paris. Dengan ini Halo Robotics dapat mengatakan bahwa DJI Matrice 30T dapat digunakan untuk melacak perkembangan api dan melaporkan kembali ke tim pemadam kebakaran untuk membantu Tim Pemadam Kebakaran menemukan posisi paling efektif untuk  mengerahkan selang dan mengatasi api

8. Hazmat Drones

Drone Membantu Mencari Pin Point Area Berbahaya
Drone Membantu Mencari Pin Point Area Berbahaya

Sekali lagi robot terbang ini mengubah pekerjaan anda menjadi lebih mudah, memberikan dampak yang signifikan di lapangan, memberikan situational awareness bagi tim untuk mengandalkan kontak radio, robot terbang ini juga mencari pin point untuk menentukan dimana kru ditempatkan dan situasi apa yang akan mereka hadapi.

9. Survei Foto Udara (Aerial Surveying)

Drone DJI Zenmuse L1 untuk Aerial Insight - Foto Udara
Drone untuk Aerial Insight – Foto Udara

Dengan jalur penerbangan prasetel dan payloads canggih untuk survey mapping, robot ini dapat digunakan untuk menghasilkan peta orthomosaic 2D dan 3D, point cloud LIDAR, 3D model, peta thermal, dan peta multispektral. Penerapannya cenderung bergantung pada industri. Misalnya, peta multispektral populer di bidang pertanian untuk memberikan gambaran kesehatan tanaman kepada petani. Situasi yang lebih dinamis dimana data perlu dikumpulkan dengan cepat, seperti rekonstruksi kecelakaan mobil, menggabungkan point cloud LIDAR dengan gambar yang diambil di lapangan dan dari foto udara.

10. Drone Inspeksi (Inspections)

Drone DJI M30T untuk Inspeksi Pemeliharaan Jembatan, Jalur Kereta Api, dan Communication Towers
Drone Untuk Inspeksi

Contoh inspeksi yang dapat dilakukan seperti pemeliharaan jembatan, jalur kereta api, dan menara komunikasi (communications towers). Sudah menjadi praktik standar bagi kru untuk beroperasi di lingkungan yang berbahaya, namun tidak lagi dengan adanya robot terbang ini proses inspeksi menjadi jauh lebih aman dan dalam banyak kasus penggunaan robot terbang ini lebih efisien untuk melakukan inspeksi infrastruktur.

11. Manajemen Konstruksi (Construction Management)

Drone DJI Phantom 4 RTK untuk Manajemen Konstruksi untuk produktivitas jangka panjang.
Drone Berfungsi Untuk Manajemen Konstruksi

Konstruksi adalah industri dengan margin yang ketat dan stagnasi produktivitas jangka panjang. Robot terbang ini membuat impact yang besar dalam cara mengumpulkan data. Manfaat drone mapping untuk manajemen konstruksi adalah untuk pengukuran stockpile, perencanaan pre-project, inspeksi keselamatan, hingga gambaran besar mengenai update progress konstruksi. Eye in the sky is proving invaluable for constraction companies, artinya hasil datanya sangat berharga bagi perusahaan konstruksi.

12. Pertambangan (Mining)

Drone Mencari Lokasi Stockpile Pada Industri Pertambangan
Lokasi Stockpile Pada Industri Pertambangan

Pertambangan adalah industri yang dinamis di mana data granular diperlukan untuk pengambilan keputusan yang tepat. Manfaat drone di industri pertambangan adalah telah terbukti menjadi alat yang berguna untuk mengumpulkan informasi volumetrik yang komprehensif dan berkualitas tinggi dengan jutaan data points, dalam waktu yang lebih singkat, dengan biaya yang lebih rendah, dan dengan sedikit human error dibandingkan dengan metode tradisional. Perencanaan penerbangan otomatis dan pemrosesan data telah menghasilkan revolusi workflow di seluruh industri. Mengadopsi robot terbang ini juga untuk memastikan kru tidak berada dalam bahaya saat melakukan survei lokasi atau melakukan pengukuran stockpile.

13. Minyak dan Gas (Oil & Gas)

Drone berfungsi bagi industri Minyak dan Gas (Oil & Gas) Untuk Inspeksi
Drone berfungsi bagi industri Minyak dan Gas (Oil & Gas) Untuk Inspeksi

Kenapa Industri Oil & Gas menggunakan drone? Karena infrastruktur Minyak dan Gas seperti flare tips dan floating roof tanks (tank atap terapung) bisa sulit untuk analisis dari permukaan tanah. Tetapi kebangkitan robot terbang di industri ini juga disebabkan oleh perkembangan software dan penginderaan (sensing). Untuk inspeksi peralatan dan tanggap darurat platform seperti DJI M300 RTK drone dapat digunakan untuk mengotomatiskan inspeksi dengan presisi tingkat sentimeter.

DJI Enterprise Memberdayakan Revolusi Produktivitas

Robot Terbang ini menjadi alat pengumpulan data penting di berbagai jenis industri yang tidak terhitung jumlahnya. Teknologi DJI menyelamatkan kehidupan kita karena penerapannya ke dalam industry Kesehatan Masyarakat dan Tanggap Darurat. Robot terbang juga menjaga keselamatan pekerja dengan membawa inspeksi industri ke abad ke-21, dan mendorong revolusi produktivitas pada industri pertanian dan konstruksi.

Temukan bagaimana dji enterprise dapat memberikan keunggulan bagi bisnis Anda di www.halorobotics.com
Questions? Contact us!
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

For more information, visit our:
Website: https://halorobotics.com/
Online Store: https://halorobotics.com/shop/  
Facebook: www.facebook.com/halorobotics/
Instagram: www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn: www.linkedin.com/company/halo-robotics
Subscribe to our YouTube Channel: www.youtube.com/halorobotics

Cara Menghitung Ground Sample Distance (GSD) Untuk Skala Pemetaan Yang Akurat
5 Fungsi Drone Pemetaan Thermal Membantu Tim Pemadam Kebakaran Mengatasi Kebakaran Pabrik Kimia di Thailand
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories