NEWS
Beranda » Blog » DJI Terra New Features | Lengkap Dengan Penjelasan & Cara Update

DJI Terra New Features | Lengkap Dengan Penjelasan & Cara Update

Sekarang DJI Terra v.3.5.0 hadir dengan fitur Seven-Parameter Transformation, Point Cloud Improvements, dan 7 fitur terbaru DJI Terra lainnya untuk misi survei dan pemetaan di area yang luas, lalu bagaimana cara updatenya? Baca artikelnya sampai selesai ya!

Apa itu Fitur Seven-Parameter Transformation DJI Terra Untuk Misi Survei dan Pemetaan

DJI Terra adalah software pemetaan yang telah banyak membantu para profesional mencapai prestasi yang luar biasa, dari menangkap setiap detail kecil monumen bersejarah berusia berabad-abad hingga memetakan sungai yang mengalir melalui perkotaan yang sibuk. DJI Terra memberdayakan para profesional dalam mengubah data drone menjadi data aset yang valid.

Pada saat yang sama, mapping dan modeling solution berkembang pesat, dimana hal ini mengacu pada perilisan terbaru DJI Terra yang mana ada sejumlah besar fitur baru diperkenalkan, termasuk penambahan yang kita sebut “Seven-parameter transformation in Output Coordinate System Setting and  Automatic Refinement of Water Surfaces in 3D Reconstructions” atau dalam bahasa Indonesia yaitu ada 7 perubahan parameter dalam sistem koordinat output alias output yang dihasilkan akan banyak mengalami beberapa perbaikan menjadi versi lebih baik dibanding output DJI Terra sebelumnya dan juga fitur ini dapat menyempurnakan “water surfaces” secara otomatis dalam Rekonstruksi 3D.

DJI Terra New Features  Lengkap Dengan Penjelasan dan Cara Update

Contoh Penggunaan Fitur Seven-Parameter Transformation DJI Terra untuk Rekonstruksi 2D dan 3D

Jika Anda sedang memetakan beberapa wilayah di area kecil, misalnya dalam 50 km2, atau ada satu area konstruksi yang perlu dipetakan secara teratur, Anda dapat menggunakan fitur seven-parameter transformation di DJI Terra untuk membuat model rekonstruksi 2D atau 3D Anda lebih dapat diakses.

Dengan seven-parameter transformation, coordinate system yang diketahui dapat dikonversi ke local coordinate system tanpa menempatkan atau menandai ground control points (GCP). Sederhananya Anda dapat mengonversi lokasi WGS84 yang digunakan oleh GPS ke local datum coordinate. Selain itu, data LiDAR juga dapat ditransformasikan ke dalam local coordinate system melalui seven-parameter transformation ini.

Fitur ini juga terbukti berguna dalam beberapa skenario survei skala besar. Misalnya, saat memetakan area yang luas, pasti Anda menginginkan output anda masuk ke dalam projected coordinate system (PCS) bukan? Nah seven-parameter transformation ini dapat mengurangi kesalahan antara coordinate conversions ketika proyeksi sistem target coordinate tidak diketahui.

Cara Menggunakan Fitur Seven-Parameter Transformation DJI Terra

Untuk menggunakan fitur seven-parameter transformation di DJI Terra buka Reconstruction Mission lalu klik > Advanced > Output Coordinate System > Seven-Parameter Transformation. Dan pada kotak dialog yang ditampilkan add coordinate information directly atau pilih Import Files.

Perbedaan Adding Coordinate Information Directly dan Importing Files

Adding Coordinate Information Directly

Setelah menerapkan seven-parameter transformation selesai dan dihadapkan dengan pilihan add coordinate information directly atau importing files dan Anda memilih add coordinate information directly langkah selanjutnya ialah menginput coordinate data dengan klik “Calculate” kemudian pilih “Apply”

Importing Files

Sama halnya jika memilih Importing Files, namun bedanya ada 2 langkah yaitu:
1. Import coordinate files (dalam format TXT atau CSV) lalu klik “Calculate” kemudian pilih “Apply”.

Coordinate data dalam file ini harus berurutan dari name of coordinate pair, latitude, longitude, dan height of the source coordinates, dan target coordinate X/E, Y/N, dan Z/U. catat bahwa source coorinates hanya support geodetic coordinate system. Pisahkan data dengan koma untuk File TXT atau isi data di kolom format yang berbeda untuk File CSV seperti gambar di bawah ini:

cara menggunakan fitur seven-parameter transofmration DJI Terra
cara menggunakan fitur seven-parameter transofmration DJI Terra

2. Import the result file (JSON format) dari seven-parameter transformation lalu klik “Apply” kemudian pilih “Start Reconstruction” dan tunggu hingga rekonstruksi selesai.

cara menggunakan fitur seven-parameter transofmration DJI Terra - Importing Files

7 Update Fitur DJI Terra

Sebelum Halo Robotics menjelaskan lebih detail tentang masing-masing fungsinya, berikut 7 list pembaharuan terbaru fitur software DJI Terra:
1. Fitur Known Coordinate System
2. Refining Water Surface di 3D Reconstruction
3. Fitur combining Point Clouds
4. Peningkatan quality report LiDAR Point Cloud
5. Fitur Block Splitting
6. Troubleshooting Optimizations
7. Fitur Bug Fixes

1. Fitur Known Coordinate System

Untuk menggunakan fitur ini Known Coordinate System Database pada DJI Terra untuk membuat rekonstruksi 2D dan 3D, buka Reconstruction Mission > pilih Advanced > Output Coordinate System > kemudian pilih Known Coordinate System.

Pilih “Horizontal coordinate system database” dan “Vertical coordinate system database” dari “Horizontal Datum Settings” dan “Geoid Settings” pada drop-down menu. Masukkan coordinate system name atau authorization code dan pilih coordinate system yang diinginkan, kemudian, klik “OK”.

Cara Update Fitur Known Coordinate System

2. Fitur Refining Water Surface

Ketika area rekonstruksi anda mencakup area permukaan air yang luas, aktifkan fitur “Refine Water Surface” di menu “Advanced Settings” dan DJI Terra akan secara otomatis mengidentifikasi dan memperhalus permukaan airnya.

3. Fitur Combining Point Clouds

Jika anda melakukan beberapa scan pada suatu area atau objek, dan sekarang anda perlu mengumpulkan semua datanya menjadi satu point cloud yang komprehensif cobalah fitur “Merged Outputs” di DJI Terra, fitur ini juga support untuk output dengan format PLY, LAS, atau PCD.

4. Peningkatan Quality Report LiDAR Point Cloud

Software DJI Terra membuat quality reports (laporan kualitas LIDAR) dari semua misi untuk memastikan bahwa hasilnya memenuhi standar akurasi yang anda inginkan. Dengan versi 3.5.0, DJI Terra menambahkan “warnings” ke laporan kualitas LiDAR point cloud untuk menjelaskan alasan kemungkinan mengapa terjadi rendahnya akurasi atau banyak point clouds yang hilang.

Cara update fitur Peningkatan Quality Report LiDAR Point Cloud DJI Terra

5. Fitur Block Splitting

Meskipun anda sudah bisa memilih mode block splitting untuk manajemen data yang efisien dan update selama rekonstruksi 3D, sekarang Anda bisa melihat jumlah exact block dan menetapkan nama yang berbeda untuk auto block serta custom blocknya juga.

6. Troubleshooting Optimizations

DJI Terra menawarkan fitur baru yaitu Troubleshooting Optimization yaitu fitur instruksi untuk mengatasi masalah error prompts, jadi anda bisa mengatasi masalahnya lebih awal. Namun jika ada kesalahan dari softwarenya sendiri atau DJI Terra tiba-tiba not responding, anda masih bisa mengakses file log dengan menekan shortcut CTRL+Alt+L di dalam softwarenya atau melalui jalur penyimpanan di bawah ini:
C:\Users\<computer name>\AppData\Roaming\DJI Terra\log

Lalu, anda bisa export log ini dan mengirimnya ke DJI Support untuk di analisa, atau jika anda mendapatkan software DJI Terra dari Halo Robotics anda bisa menghubungi tim operasional kami untuk dianalis lebih lanjut.

7. Fitur Bug Fixes

Pembaruan yang terakhir adalah Bug Fixes, dimana fitur ini dapat memperbaiki kerusakan seperti:

  • Memperbaiki masalah dimana content preview tidak bisa diupdate dengan cara didrag setelah mengimport file POS.
  • Memperbaiki masalah yang menyebabkan kegagalan pemeriksaan flight route waypoint ketika point cloud diubah dalam inspection mission yang detail.
  • Memperbaiki beberapa file berformat S3MB yang tidak bisa dilihat secara proper di SuperMap.
  • Memperbaiki data rekonstruksi 2D dengan vertical camera angle kurang dari 35° yang mana cukup menghabiskan memory
  • Beberapa multispectral tasks akan kehilangan sebagian hasilnya setelah breakpoint construction.

Dapatkan DJI Terra di Halo Robotics

Dapatkan mapping software DJI Terra di Halo Robotics sebagai authorized dealer DJI di Indonesia.
Pelajari lebih lanjut tentang DJI Terra disini

Jika ada pertanyaan lain, silahkan hubungi kami melalui:
Email: enterprise@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-8549-888

For more information, visit our:
Website: https://halorobotics.com/
Online Store: https://halorobotics.com/shop/  
Facebook: www.facebook.com/halorobotics/
Instagram: www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn: www.linkedin.com/company/halo-robotics
Subscribe to our YouTube Channel: www.youtube.com/halorobotics

Post Related

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog